Calon Kebiasaan yang Positif (The Power of Writing)

Bismillah..


Menulis adalah hal yang tidak biasa dilakukan olehku. Tapi mulai saat ini harus menjadi suatu kebiasaan, jadilah dia berpredikat "calon kebiasaan"-ku. Terdengar aneh memang, tapi harus dilakukan :)


Ya, sebelum memulai sesuatu mari kita menulis. Menulis atau mencatat merupakan salah satu cara untuk menyimpan memori yang mungkin bisa terlupakan dengan menuangkannya dalam bentuk kumpulan kata yang terdapat dalam lembaran kertas, file, ataupun barang lain yang bisa digunakan sebagai tempat menulis. Menulis bisa juga merupakan kumpulan ide dari sang penulis untuk menyampaikan sesuatu dalam tulisannya kepada pembaca. Atau mungkin menulis merupakan salah satu mata pencaharian dari seorang penulis. Hmm, banyak definisi mengenai menulis itu sendiri, tergantung anda bagaimana cara mendefinisikannya. 





Ada pepatah bilang, "Write what you do, and do what you write". Tidak setiap hari kutuliskan jadwal kegiatanku untuk memulai hari. Saat ku menulis jadwal kegiatanku di selembar kertas yang kemudian ku bawa dalam keseharianku akan sangat bermanfaat untuk melihat sudah sampai mana pekerjaan yang harus kukerjakan hari ini, apakah kegiatan A sudah selesai?, apakah kegiatan B harus ditunda besok?, apakah kegiatan C tidak jadi dilakukan?. Dengan kebiasaan menulis, tulisanmu akan menjadi pengingat yang efektif. Hal itupun berlaku untuk Life plan-mu.


Menulis bisa menjadi salah satu faktor penentu dalam impian kita. Percaya gak?? Hal itu sudah terbukti olehku. Perjalananku ke negara dua benua buktinya, siapa sangka bisa pergi ke Istanbul-Turki dengan kondisi keuangan seorang mahasiswa yang notabene belum berpenghasilan. Ya, hal itu bisa terjadi karena menulis. Dengan tulisan abstrak mengenai penelitianku yang belum selesai, perjalanan itupun akhirnya bisa dilakukan (Alhamdulillah n_n). 


Pernah dua orang temanku bercerita mengenai tulisannya yang dimuat di majalah dan koran yang mendapatkan insentif yang cukup besar. Wow, ternyata menulis bisa menjadi sumber penghasilan juga. Pastinya tidak dengan asal menulis saja tentunya.


Menulis pun bisa menjadi ladang amal yang luar biasa lho ternyata. Dengan kita membuat tulisan yang bagus (baca: membuat pembacanya memahami kebaikan dan melakukan kebaikan itu) maka pahala yang dilakukan oleh orang tersebut bisa terus mengalir kepada kita. Siapa yang gak ngiler sih dapet pahala bejubel? :)


Yuk kita menulis, meskipun belum menjadi seorang yang ahli, tapi kita harus mau dan berani untuk memulai dan terus mengistiqomahkannya. Semoga kilasan ini bermanfaat. :)

1 comment:

  1. Kalo Larry King bilang, utk kemudahan, yg nyata aja cukup.
    Yg kita alami.

    Ada sebuah novel yg laris manis padahal baru ditulis pertamakali.
    Rahasianya: itu novel kisah nyata dirinya.

    Catat yg akan kau kerjakan dan kerjakan yg kaucatat itu prinsip manajemen.
    Sekolah S2 Manajemen itu intinya itu (Kata Syafii Antonio).
    Jika sudah bisa dan terbiasa melakukan itu -> brarti sudah lulus S2 Manajemen!

    Mudah kan?

    ReplyDelete