Perjalanan ke Negeri Dua Benua (Istanbul-Turki) Part-1

Bismillah..


Akhirnya release juga nih tulisan meskipun dengan bahasa dan pembahasan yang terbatas. Tapi mudah-mudahan bisa bermanfaat buat yang membaca ^.^


Maret akhir, pada bulan itu kuterima email mengenai notification of acceptance abstrak penelitianku di sebuah kegiatan di Istanbul-Turki. Wow, luar biasa, kuucap syukur tiada henti, Alhamdulillah, alhamdulillah, alhamdulillah... Siapa sangka, setelah kuterima email notifikasi dari Malaysia pada beberapa minggu sebelumnya. Hmm, tapi ini membuatku dilema antara dua kegiatan internasional yang tidak bisa kuhadiri dua-duanya (dengan pertimbangan saat itu sedang mengerjakan dua penelitian dengan deadline-nya masing-masing). Maka harus diputuskan hanya satu. Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya kuputuskan untuk menghadiri acara yang di Istanbul saja. Meskipun dari segi pendanaan, jauh lebih besar dari kegiatan ke Malaysia tetapi dari segi acara dan peserta sangat sesuai denganku dimana berperan sebagai seorang mahasiswa kesehatan.



Selanjutnya, kuberitahukanlah berita ini ke tim penelitianku. Luar biasa, kudapati semangat yang tinggi dari satu timku untuk mengikuti ini, tapi sayangnya hanya dua orang yang memungkinkan untuk pergi kesana (saat itu). Akhirnya diputuskanlah saya dan satu teman saya yang pergi. Ternyata eh ternyata dalam waktu satu bulan persiapan kami untuk mempersiapkan perjalanan, menyelesaikan deadline penelitian, dan mencari dana, hanya satu orang yang dapat melakukan perjalanan kesana.



Dari mulai perizinan ke Fakultas dan Universitas dilalui dengan waktu yang cukup membuat sedikit kesal karena prosesnya yang agak lama. Wajar sih, dengan kondisi kegiatan yang belum terjadwal sebelumnya dalam kegiatan BEM. Tapi, terimakasih untuk teman-teman BEM yang sudah membantu :)


Sponsorship. Banyak "calon" yang kami datangi dan mencoba bekerjasama untuk mensponsori perjalanan ini. Dengan jadwal yang cukup padat, kami mencoba susuri satu persatu "calon" yang kami anggap memungkinkan untuk mensponsori perjalanan ini. Dan yang akhirnya menyambut tangan kami adalah Bank Indonesia, alumni Fak Farmasi, dan alumni Analis yang bekerja di Abu Dhabi (diluar Dana Fakultas dan Universitas) serta DIKTI yang diketahui setelah perjalanan selesai dilaksanakan. Terimakasih untuk semua sponsor yang bersedia membantu, semoga Allah senantiasa memberikan semua kebaikanNya :)


Penelitianpun harus sudah selesai sebelum saya melakukan perjalanan ke Istanbul. Dan dengan berbekal poster berisi hasil penelitian, saya pun pergi dengan sedikit ketakutan. Hehe. Ya, sedikit ketakutan. Ketakutan akan kesendirian, ketakutan akan kesalahpahaman dalam berkomunikasi, ketakutan akan berbagai hal yang baru. Tapi itu tidak menyurutkan langkah untuk melakukan perjalanan. Semua itu harus dilawan. Semua itu bisa ditaklukan. Dan saya pasti BISA!! Bismillah..


Oia, dan acara itupun bernama 3rd International Medical Student Research Congress 2011


To be continued...

1 comment:

  1. continued-na iraha? dah tercatat lohhh...

    dapet kartunama researcher muslim/ah gak dsana?

    yg disetujui abstrak yg mana?

    ReplyDelete